Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Fungsi, Komponen, Cara Kerja Motor Grader

Konten [Tampil]
Grader atau road grader atau motor grader adalah salah satu alat penting yang digunakan pada sebuah konstruksi. Fungsi motor grader yaitu untuk membentuk jalan atau grading, meratakan, serta finishing atau penyelesaian akhir. Dengan adanya motor grader maka area kerja akan rata sehingga memudahkan dalam proses selanjutnya.

Motor grader memiliki tiga as roda yang mana dua as roda dibelakang dan satu as roda di bagian depan. Cabin dan mesin berada diatas roda belakang. Sementara blade berada diantara kedua as roda. Roda yang digunakan pada motor grader berupa karet ban sehingga grader dapat melakukan mobilisasi secara maksimal.

Motor grader terdiri dari beberapa komponen. Komponen motor grader terdiri dari blade, ripper, blade lift cylinder, cab, rear wheel, front wheel, head lamp, dan berbagai komponen lainnya. Setiap komponen motor grader memiliki tugas yang penting sehingga fungsi motor grader dapat tercapai secara maksimal.

Sementara itu cara kerja motor grader hampir sama dengan berbagai alat berat lainnya. Cara kerja motor grader memanfaatkan sistem hidrolik sebagai penggerak blade dan ripper. Pada motor grader memiliki dua blade pada bagian kanan kiri yang berukuran 3-4 meter. Kedua blade ini dapat diatur posisinya sehingga memungkinkan untuk membentuk permukaan sesuai keinginan. Sebagai contoh bentuk punggung kuda pada permukaan jalan.

Mengingat pentingnya motor grader dalam berbagai konstruksi maka perlu diketahui berbagai hal. Apa fungsi motor grader? Apa saja komponen motor grader? Bagaimana cara kerja motor grader? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Motor Grader

Fungsi motor grader sebenarnya tidak hanya membentuk jalan, meratakan, dan finishing, melainkan masih terdapat berbagai fungsi motor grader dalam berbagai pekerjaan. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai fungsi motor grader.

1. Untuk pemerataan dan pembentukan permukaan tanah (spreading)

Fungsi motor grader yang pertama yaitu untuk pemerataan dan pembentukan permukaan tanah atau spreading. Dengan menggunakan blade yang berada pada bagian kanan dan kiri motor grader, maka grader dapat meratakan permukaan tanah dengan jarak jangkauan yang luas. Selain itu blade dapat disetting dengan ketinggian tertentu sehingga permukaan tanah dapat dibentuk sedemikian rupa. Hal ini bertujuan agar air dapat mengalir dari tengah jalan ke bagian pinggir.

2. Untuk finishing atau pekerjaan akhir serta pemeliharaan jalan

Fungsi motor grader yang kedua yaitu untuk finishing atau pekerjaan akhir serta pemeliharaan jalan. Motor grader biasanya digunakan untuk pemerataan permukaan jalan akhir sehingga permukaan jalan sesuai dengan standar yang ada. Hal ini agar permukaan yang dihasilkan lebih halus dan rapi.

3. Untuk proses pembuatan parit (ditching)

Fungsi motor grader yang ketiga yaitu untuk proses pembuatan parit atau ditching. Pada beberapa pekerjaan pembuatan jalan biasanya membutuhkan parit sebagai aliran air. Pada saat pembuatan parit maka blade sebelah kiri dan kanan akan ditancapkan kearea parit. Kemudian motor grader akan berjalan searah jalur parit tersebut untuk meninggalkan bekas atau parit untuk aliran air.

4. Untuk proses mixing atau mencampur tanah dan material

Fungsi motor grader yang keempat yaitu untuk proses mixing atau mencampur tanah dan material. dengan menggunakan ripper dan blade maka material dan tanah dapat dicampur menjadi satu. Pada bagian bawah terdapat garpu atau bagian yang akan membuat tanah menjadi gembur dengan jalan dibajak. Kemudian tanah tersebut diratakan atau dicampur dengan material menggunakan bagian blade. 

5. Untuk memperlebar jalan yang sempit 

Fungsi motor grader yang kelima yaitu untuk memperlebar jalan yang sempit. Dengan menggunakan kedua blade yang memiliki jangkuan luas maka motor grader dapat membentuk jalan yang semula sempit menjadi lebih luas tergantung ukuran dari blade motor grader.

Komponen Motor Grader

Motor grader terdiri dari beberapa komponen. Setiap komponen motor grader memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai komponen motor grader.
komponen motor grader

1. Blade Lift Cylinder

Blade lift cylinder merupakan salah satu komponen motor grader yang memiliki fungsi untuk memposisikan blade sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh membutuhkan posisi miring, maka hidrolik akan memposisikan blade miring.

2. Drawbar Lift Cylinder

Drawbar lift cylinder merupakan salah satu komponen motor grader yang memiliki fungsi untuk memposisikan ketinggian dari blade. Semisal membutuhkan kedalaman yang lebih maka arm akan diturunkan agar blade lebih dalam menancap ke permukaan.

3. Cab

Cab atau kabin merupakan salah satu komponen motor grader yang memiliki fungsi untuk tempat duduk operator, tempat control dan kemudi dari motor grader. Pada cabin sering disebut ruang kendali untuk mengendalikan kerja dari motor grader. Namun untuk menambah kenyamanan biasanya ditambahkan sistem audio video dan AC untuk menambah kenyamanan. Selain itu biasanya ditambahkan suspensi pneumatik pada tempat duduk operator. 

4. Rear Wheel

Rear wheel merupakan salah satu komponen motor grader yang memiliki fungsi agar motor grader dapat bermobilisasi dengan mudah. Pada motor grader biasanya terdapat 4 roda untuk bagian belakang. Ke empat roda ini dihubungka ke mesin melalui sistem pemindah tenaga pada motor grader. Oleh karena itu ketika mesin bekerja dan tuas kontrol dinyalakan maka roda akan meneruskan putaran dari mesin ke jalan sehingga motor grader dapat bergerak dengan mudah sesuai keinginan operator.

5. Ripper

Ripper merupakan salah satu komponen motor grader yang berfungsi untuk mengemburkan atau memperhalus permukaan material atau tanah. Ripper diletakkan pada bagian belakang motor grader. Ripper biasanya digunakan pada permukaan yang keras sehingga perlu digemburkan terlebih dahulu sebelum diratakan. Namun apabila permukaan sangat keras maka selain ripper, motor grader juga ditambahkan scarifer untuk menghasilkan pekerjaan yang baik.

6. Articulate Cylinder

Articulate cylinder merupakan salah satu komponen motor grader yang memiliki fungsi untuk menggerakkan arm bagian depan dari motor grader sehingga dapat berbelok atau naik turun sesuai dengan kondisi permukaan. Oleh karena itu motor grader dapat meratakan berbagai bagian yang miring, menyamping, atau bahkan pada posisi vertikal.

7. Blade

Blade merupakan salah satu komponen motor grader yang memiliki fungsi untuk meratakan atau mencampur material atau permukaan yang akan dikerjakan oleh motor grader. Setiap grader biasanya dilengkapi dengan alat (attachment) utama yaitu blade. Blade menentukan kemampuan atau kapasitas pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh motor grader.

Namun besar kecilnya blade tidak mempengaruhi kemampuan perataan pada permukaan. Blade yang besar hanya akan mempengaruhi kecepatan kerja dari motor grader karena jangkauan kerja yang luas apabila blade berukuran besar. Namun kemampuan perataan tergantung dari kemampuan operator dan kecepatan motor grader untuk menghasilkan permukaan yang rata.

8. Front Wheel

Front wheel merupakan salah satu komponen motor grader yang memiliki fungsi untuk mempermudah mobilisasi dari motor grader. Front wheel biasanya terdiri dari satu as roda atau dua roda yang berada pada arm bagian depan.

9. Head Lamp 

Head lamp merupakan salah satu komponen motor grader yang memiliki fungsi untuk penerangan motor grader saat bekerja pada kondisi gelap atau malam hari. Dengan begitu, motor grader dapat mengerakan konstruksi pada siang dan malam hari ataupun pada area yang gelap seperti terowongan dan lain sebagainya.

10. Attachment atau Alat Tambahan

Attachment atau alat tambahan merupakan salah satu komponen motor grader yang memiliki fungsi untuk menambah fungsi kerja dari motor grader. Kita ketahui bahwasanya motor grader dapat digunakan pada berbagai pekerjaan konstruksi (grading). Sebagai salah satu alat yang multifungsi maka terdapat beberapa perlengkapan tambahan yang dapat dipasang pada motor grader untuk menambah fungsi dari motor grader. Berikut alat tambahan yang dapat dipasang pada motor grader:
  • Front blade yang berfungsi untuk berbagai pekerjaan penaburan atau spreading.
  • Front pull hook yang memiliki fungsi untuk menarik sesuatu. Ada dua jenis front pull hook yaitu ushape bracket welded, dan weigt with nails.
  • Push plate yang memiliki fungsi untuk menumbangkan pohon atau mendorong alat lain yang terjebak dalam lumpur. Selain itu juga berfungsi untuk counterweight agar roda bagian depan tidak terangkat.
  • Scarifer berfungsi untuk menggali material-material yang keras yang tidak dapat dilakukan oleh blade. Jumlah gigi scarifer tergantung tingkat kekerasan material yang digali.
  • Extension blade berfungsi untuk memperpanjang blade agar jangkauannya lebih luas. Hal ini akan meningkatkan efisiensi kerja walaupun penggunaan extension blade hanya pada pekerjaan ringan saja.
  • Hydraulic blade tip control berfungsi untuk mengatur sudut potong blade secara hidrolik menggunakan control yang ada di ruang kabin.
  • Rear mounted ripper berfungsi untuk menggali batu atau material yang keras yang tidak dapat dilakukan oleh scarifier.

Cara Kerja Motor Grader

Cara kerja motor grader sebenarnya sama dengan alat berat lainnya. Motor grader memanfaatkan tenaga hidrolik sebagai penggerak berbagai peralatan agar motor grader dapat bekerja sebagaimana fungsinya. Motor grader dapat bekerja untuk meratakan permukaan tanah, membentuk permukaan, menebarkan, dan mencampurkan berbagai material seperti aspal, hotmix, dan lain sebagainya.

Motor grader banyak digunakan pada berbagai pekerjaan konstruksi atau grading, pembentukan profil atau permukaan tanah (shaping), pemotongan dan pembuatan talud (bank shoping), penggarukan saluran (scarifying), pembuatan alur (ditching), mencampur dan menebarkan material (spreading and mixing).

Untuk melakukan berbagai kerja tersebut maka pada motor grader terdapat blade dan berbagai alat tambahan seperti ripper dan scarifer. Scarifer biasanya diletakkan pada bagian depan motor grader untuk memecahkan atau menggali permukaan atau material yang keras. Sementara motor grader akan memotong dan mendorong permukaan kedepan menggunakan blade. Pada bagian ujung blade terdapat komponen tajam yang bernama cutting edge. Sementara untuk memposisikan blade terdapat moldboard yang dikontrol secara hidrolik.

Blade digantungkan pada circle yang terpasang pada drawbar. Drawbar ini merupakan batang yang berbentuk segitiga yang pada bagian depan dapat berputar dan berhubungan dengan overhead frame. Sementara ujung lainnya digantung pad lift arm. Circle ini merupakan bagian utama yang mengatur semua kerja dari blade.

Pekerjaan yang sering dilakukan motor grader adalah pembuatan jalan. Blade akan diturunkan, kemudian motor grader akan bergerak maju kedepan untuk melakukan pendorongan dan perataan bidang. Setelah itu blade akan diangkat sedikit, kemudian motor grader akan bergerak ke belakang untuk kembali meratakan permukaan jalan. 

Selain itu terdapat berbagai pekerjaan lain yang dapat dilakukan oleh motor grader. Motor grader dapat membentuk jalur drainase yang berbentuk V menggukan blade. Selain itu juga dapat mencampur material aspal dengan koral, ataupun meratakan gundukan material yang ada. Selain itu pada pembuatan lapangan terbang dapat meratakan permukaan pada sekala luas baik yang selevel maupun tidak sebidang.

Diatas merupakan pembahasan mengenai motor grader. Pembahasan mulai dari fungsi motor grader, komponen motor grader, dan cara kerja motor grader.