Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal 12 Nama Nama Panel Excavator (Fungsi dan Gambar)

Konten [Tampil]

nama nama panel excavator

Nama Nama Panel Excavator
- Dalam sebuah kabin atau ruang kemudi dari excavator terdiri dari beberapa panel. Setiap panel memiliki nama dan fungsi masing-masing. Untuk lebih jelasnya mengenai nama nama panel excavator akan dibahas lebih lengkah pada artikel berikut ini.

Dalam panel excavator terdapat beberapa tombol, saklar, dan panel yang memiliki fungsi berbeda-beda. Setiap tipe excavator memiliki peletekan yang berbeda beda namun memiliki fungsi yang sama. Sebagai seorang driver alat berat harus mengetahui fungsi dari setiap panel excavator. Semua hal mengenai nama nama panel excavator sebagai berikut.

Nama Nama Panel Excavator

Terdapat beberapa panel yang terdapat pada excavator. Setiap panel memiliki simbol pada tombol atau saklar yang mudah untuk dipahami. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai nama nama panel excavator.

1. Safety Lock

Safety lock merupakan salah satu panel yang memiliki fungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kerja dari sistem hidrolik. Apabila saklar safety lock belum ditarik maka sistem hidrolik pada excavator tidak dapat bekerja. Oleh karena itu posisi safety lock harus ditarik sehingga hidrolik dapat bekerja dan mengalirkan fluida ke berbagai komponen sistem hidrolik pada excavator

2. Saklar Lampu

Untuk tombol saklar pada excavator terdapat beberapa jenis. Hal ini dikarenakan pada sebuah excavator terdiri dari beberapa penerangan baik penerangan ekternal, internal, maupun bahaya. Berikut merupakan beberapa jenis saklar lampu yang terdapat pada excavator.
  • Saklar lampu beacon digunakan untuk menghidupkan lampu beacon atau rotator yang terletak dibagian atas kabin dan berwarna kuning berputar putar.  
  • Lampu kerja ekstra merupakan saklar yang digunakan untuk menghidupkan lampu kerja ektra yang terdapat pada bagian belakang dan atas excavator.

3. Mute

Mute merupakan salah satu nama panel excavator yang memiliki fungsi untuk mematikan atau menonaktifkan suara dari radio atau cd. Dengan menekan tombol mute maka otomatis suara dari radio atau cd akan berhenti. 

4. Stop Travel Warning

Stop travel warning digunakan untuk mematikan alarm saat excavator bekerja. Alarm pada alat berat terkadang akan sangat mengganggu ketika excavator bekerja. Oleh karena itu untuk mematikan alarm saat excavator bekerja dapat dilakukan dengan menekan stop travel warning.

5. Hour Meter

Kerja dari alat berat biasanya dihitung berdasarkan jam pemakaian. Oleh karena itu untuk perhitungan jam kerja diperlukan diperlukan panel yang bernama hour meter. Hour meter berfungsi untuk menghitung jam kerja dari alat berat atau excavator.

6. RPM Selector

RPM selektor berguna untuk mengatur tinggi rendahnya putaran mesin. RPM selector terdiri dari I, F, G, dan H. Penggunaan rpm selector disesuaikan dengan kebutuhan. Ketika membutuhkan rpm yang besar maka dapat memposisikan selektor ke posisi H dan dapat diturunkan ke posisi lain ketika membutuhkan rpm mesin yang rendah.

7. Lampu Kerja

Untuk menyalakan lampu kerja dapat menekan tombol panel lampu kerja. Dengan begitu lampu di sebelah depan kabin akan menyala dan menerangi area kerja.

8. Power Max

Power max merupakan terusan fungsi dari rpm selektor. Panel ini berfungsi untuk menaikkan putaran mesin ke maksimum selama 5 detik untuk menambah kecepatan mesin.

9. Auto Idle

Auto idle merupakan panel pada excavator yang berfungsi untuk membuat mesin dapat berputar idle atau stasioner secara otomatis ketika unit tidak dioperasikan selama beberapa detik. Dengan panel ini maka akan meningkatkan efisiensi dari alat berat.

10. Mode Travel

Mode travel merupakan salah satu jenis nama panel pada excavator. Mode travel memiliki fungsi untuk memilih kecepatan perjalanan yang diinginkan. Apabila ingin lambat maka dapat memilih mode kura kura. Sementara itu untuk perjalanan yang cepat dapat memilih mode kelinci.

11. Mode Kerja

Mode kerja disesuaikan dengan attachment atau alat tambahan yang digunakan.
Diatas merupakan pembahasan mengenai nama nama panel excavator. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.