Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Fungsi Dan Cara Kerja Pompa Hidrolik

Konten [Tampil]
Pompa Hidrolik - Pompa hidrolik atau hydraulic pump merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi penting dalam sistem hidrolik. Oleh karena itu setiap sistem hidrolik pasti terdapat pompa hidrolik. Tanpa pompa hidrolik maka sistem hidrolik tidak akan bekerja dengan baik.
 
Pada dasarnya sistem hidrolik merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan fluida untuk menghasilkan tenaga mekanis. Zat cair atau fluida akan dirubah melalui proses tertentu kemudian disalurkan kedalam mekanisme agar dirubah menjadi tenaga mekanis yang dimanfaatkan untuk sebuah pekerjaan tertentu.
 
Pemanfaatan zat fluida ini membutuhkan proses kompresi yang dilakukan oleh pompa hidrolik. Untuk melakukan proses kompresi maka diperlukan cara kerja tertentu. Untuk lebih jelasnya mengenai pompa hidrolik baik fungsi atau kegunaan pompa hidrolik serta cara kerja pompa hidrolik akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Pompa Hidrolik

Pompa hidrolik merupakan sebuah alat yang berguna untuk mengambil energi dari suatu sumber dan mentransfer energi tersebut dalam bentuk hidrolik. Dengan kata lain fungsi pompa hidrolik adalah untuk mengubah energi mekanik menjadi tenaga hidrolik yang kemudian digunakan untuk menjalankan sistem hidrolik.
 
Dalam sebuah sistem hidrolik, kegunaan pompa hidrolik adalah untuk menimbulkan atau membangkitkan sebuah aliran fluida dan memberikan gaya dengan jumlah sesuai dengan kebutuhan. Pada dasarnya sebuah pompa hidrolik akan menghasilkan dua kegunaan atau fungsi saat bekerja yaitu:
  1. Kevakuman, pada pompa hidrolik khususnya saluran inlet akan menciptakan kevakuman agar tekanan atmosfer mampu mendorong fluida untuk masuk kedalam pompa hidrolik
  2. Flow, gerakan pada pompa hidrolik akan menghisap fluida kedalam chamber atau ruang tekan pompa, membawa melalui pompa, dan menekan serta mendorong fluida kedalam sistem hidrolik.
Pompa hidrolik sering dianggap sebagai pembangkit tekanan fluida padahal sebenarnya pompa hidrolik hanyak memproduksi aliran fluida saja. Sementara itu tekanan fluida akan timbul akibat adanya gaya persatuan luas dan hambatan pada aliran fluida.
 
Oleh karena itu pompa hidrolik harus dapat bekerja dengan baik. Pompa hidrolik yang timbul permasalahan akan berdampak besar pada kerja sistem hidrolik. 
pompa hidrolik

Cara Kerja Pompa Hidrolik

Pada dasarnya pompa hidrolik terbagi menjadi dua garis besar yaitu pompa hidrostatis dan pompa hidrodinamis. Pompa hidrodinamis lebih dikenal dengan pompa non positif seperti pompa sentrifugal dan turbin. Sementara itu pompa hidrostatis terdiri dari pompa positif seperti fixed dan variable displacement pump. Setiap jenis pompa tersebut memiliki cara kerja yang berbeda beda.
 
Namun pada umumnya prinsip kerja pompa hidrolik hampir sama yaitu menghasilkan kevakuman untuk menghisap fluida dan menekan atau mendorong fluida agar fluida dapat mengalir didalam sistem hidrolik. Dengan begitu fluida yang bertekanan ini dapat dimanfaatkan untuk kerja dari sistem hidrolik.
 
Pada pompa reciprocating atau tipe piston, piston ini akan tertarik dan terdorong ketika pompa hidrolik bekerja. Dengan tertariknya piston maka ruangan didalam pompa akan semakin luas. Semakin luas ruangan didalam pompa maka tekanan akan semakin kecil atau kevakuman semakin membesar. Sementara itu tekanan udara akan semakin besar. 

Perbandingan atau perbedaan tekanan ini yang akan menyebabkan fluida akan masuk kedalam pompa melalui check valve pada saluran inlet. Setelah piston dilepas atau bergerak keatas maka piston akan mendorong atau menekan fluida. Akibatnya fluida akan terkompresi dan berusaha keluar dari ruang pompa. 
 
Adanya hambatan didalam pompa hidrolik ini menyebabkan timbulnya tekanan pada fluida. Tekanan pada fluida menyebabkan fluida akan mengelurkan energi potensial fluida atau tenaga hidrolik. Tenaga hidrolik inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk membantu berbagai pekerjaan.
 
Dari sini dapat diketahui bahwa pompa hidrolik memiliki fungsi yang sangat krusial. Selain itu cara kerja pompa hidrolik yang sebenarnya adalah mengalirkan fluida, sementara itu tekanan akan timbul dengan sendirinya karena ada hambatan fluida pada pompa hidrolik. 
 
Setiap jenis pompa hidrolik memiliki prinsip kerja yang sama yang membedakan hanyak mekanikal yang terdapat didalam pompa hidrolik ada yang menggunakan gear, piston, dan lain sebagainya. Prinsip kerja pompa hidrolik adalah menghasilkan kevakuman untuk memasukkan fluida kedalam pompa dan flow atau menekan, mengkompresikan fluida dan kemudian dialirkan kedalam sistem hidrolikdan dirubah oleh motor listrik untuk melakukan suatu kerja.
 
Diatas merupakan pembahasan mengenai pompa hidrolik mulai dari fungsi pompa hidrolik dan  cara kerja pompa hidrolik. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan.