Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Dan Cara Kerja Final Drive

Konten [Tampil]
Fungsi Dan Cara Kerja Final Drive - Final drive merupakan salah satu komponen alat berat yang memiliki fungsi penting. Tanpa adanya final drive maka fungsi dari alat berat tentu tidak dapat bekerja dengan baik. Lalu apa saja fungsi final drive? Bagaimana cara kerja final drive?

Final drive berperan agar alat berat dapat berbelok. Prinsip kerjanya dengan membedakan putaran roda kanan dengan roda kiri pada alat berat. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi final drive dan cara kerja final drive akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Final Drive

Final drive merupakan formasi dari beberapa roda gigi yang umumnya berbentuk 1 set roda gigi lurus serta 1 set roda gigi planet (planetary gear) selaku roda gigi pendorong akhir. Fungsi final drive adalah untuk mereduksi putaran yang diteruskan ke roda serta meningkatkan torsi atau momen.

Konsep kerja final drive sama juga dengan konsep kerja untuk transmisi, di mana ada pengurangan kecepatan putar serta tambahan torsi dengan manfaatkan ketidaksamaan jumlah gigi untuk roda gigi. Dengan kata lain final drive juga memanfaatkan gear ratio. Dalam kinerjanya final drive menghadapi beberapa kondisi seperti tekanan permukaan yang besar berasal dari beban guncangan serta bentrokan, hingga membutuhkan perhatian yang lebih. Termasuk dalam penggantian oli dan service final drive secara berkala.

Perbandingan normal reduksi pada final drive biasanya 1:9 atau 1:12. Untuk perbedaan reduksi yang lebih kecil dipakai skema reduksi tunggal (single reduction sistem). Untuk perbedaan reduksi yang semakin besar dipakai skema reduksi ganda (double reduction sistem) atau skema roda gigi planet (planetary gear sistem).
fungsi dan cara kerja final drive

Cara Kerja Final Drive

1.Di Saat Jalan Lurus

Di saat kendaraan berjalan pada jalur yang lurus atau jalan datar, tahanan gelinding (rolling resistance) untuk kedua roda pendorong (drive gear) relatif sama. Jika tahanan kedua kutub axle belakang sama (A serta B) Pinion akan berputar bersamaan dengan ring gear yang menyebabkan putaran dari ring gear ikut diteruskan oleh pinion gear ke bagian side gear.. Dengan begitu, pinion cuman berperan untuk menyambungkan side gear sisi kiri serta kanan, hingga mengakibatkan kedua poros axel berputar-putar dengan RPM yang sama.

2. Di saat berbelok

Di saat kendaraan berbelok ke kiri, tahanan roda kiri semakin besar daripada roda kanan. Jika differensial case akan berputar-putar bersama-sama ring gear karena itu pinion akan berputar-putar untuk porosnya dan bergerak melingkari side gear seblah kiri,hingga perputaran side gear samping kanan makin bertambah,mana yang jumlah perputaran side gear satunya ialah dua kali perputaran ring gear. Ini bisa disebutkan jika perputaran rerata kedua roda gigi ialah sesuai dengan perputaran ring gear. 

Diatas merupakan pembahasan mengenai fungsi final drive dan cara kerja final drive. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.