Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Motor Scraper : Fungsi, Bagian, Dan Cara Kerja

Konten [Tampil]
Motor Scraper - Motor scraper adalah salah satu macam alat berat yang sering ditemukan pada pekerjaan konstruksi. Lalu apa sih fungsi dari motor scraper? Apa saja bagian dari motor scraper? Bagaimana cara kerja motor scraper? 

Motor scraper mempunyai 4 fungsi sekaligus, yaitu menggali, mengisi material, mengusung, serta membongkar muatan. Bahkan juga terkadang, scraper dipakai untuk meratakan permukaan tanah atau menyebar hasil pengerukan dalam beberapa susunan. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi, bagian, dan cara kerja motor scraper akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini. 

Fungsi Motor Scrapper

Alat berat scraper adalah alat berat yang memiliki peran atau digunakan untuk menggali, mengusung, serta menabur tanah hasil pengerukan secara berlapis. Alat berat scraper juga dapat digunakan sebagai alat pengangkut material dengan jarak yang cukup jauh (± 2000 m) untuk tanah datar dengan alat pendorong roda ban. Dalam penggunaannya, motor scraper harus disesuaikan dengan karakteristika material yang dikerjakan seperti:

  • Panjang jarak yang ditempuh.
  • Situasi jalan.
  • Alat bantu yang dibutuhkan.

Scraper terdiri dari beberapa jenis yaitu scraper yang ditarik atau towed scraper, scraper yang memiliki motor atau motorized scraper serta scraper yang isi sendiri atau self loading scraper. Towed scraper biasanya ditarik menggunakan sebuah traktor dengan kemampuan mesin 300 HP atau bisa lebih. Scraper jenis towed dapat menampung material mulai dari 8 sampai 30 meter kubik.

Seperti disebut sebelumnya, scraper digunakan untuk pengerukan berbagai lapisan atas. Lapisan atas yang dikeruk dapat mencapai kedalaman 10 cm sampai 30 cm. Namun apabila tempat yang dikeruk luas maka diperlukan peralatan tambahan yang dapat menambah berat alat sekitar 10-15%. Alat tambahan ini berupa conveyor yang terdapat pada self loading scraper. Dengan begitu alat berat scraper dapat meloading atau mengangkut material hasil kerukan.

Selain itu, scraper juga dapat dipakai untuk meratakan tanah di seputar bangunan. Namun apabila jarak menempuh kurang dari 100 m ongkos pemakaian alat ini harus dibandingkan terlebih dahulu dengan ongkos pemakaian dozer atau grader. 

alat berat scraper

Bagian Motor Scraper

Alat berat scraper terdiri dari beberapa bagian. Setiap bagian memiliki peranan dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan bagian dari motor scraper.

1. Bowl

Bowl merupakan bak yang digunakan untuk memuat muatan material yang terketak di antara ban belakang. Sisi bibir atau depan bowl mempunyai ujung yang tajam yang berperan untuk menggali permukaan atau lapisan material. Pada kondisi penuh, bowl ini mampu memuat seputar 3 sampai 38 meter kubik. Selain sebagai tempat penampung material, bak ini dapat juga berperan selaku pengeruk serta pembongkar muatan dengan digerakkan ke bawah.

2. Apron

Apron adalah dinding bowl bagian depan yang dapat diangkat atau dibuka saat sedang digunakan untuk proses menggali ataupun membongkar muatan. Sementara itu ketika bowl sedang terisi muatan maka apron akan menutup agar muatan tidak tumpah.

3. Ejector/Tail gate

Ejector atau tail gate merupakan dinding dibagian sisi belakang bowl yang dipakai di saat dilakukan pembongkaran muatan. Setiap sisi ejector akan bergerak ketika bekerja sehingga material atau muatan yang ada dalam bowl dapat dengan mudah dikeluarkan.

Cara Kerja Motor Scraper

Pada umumnya, kerja alat berat scraper terdiri jadi 3 step yaitu pengerukan serta pemuatan material, pengakutan material, dan pembongkaran muatan. Pengerukan serta pemuatan material dilaksanakan pada saat yang bersamaan. Pada saat dilakukan pengerukan ini, sisi apron scraper terbuka sehingga berperan seperti sekop yang menggali permukaan tanah/material. Hasil pengerukkan ini akan langsung akan tersimpan dalam bowl.

Sesudah bowl penuh, maka apron akan ditutup serta dimulailah pada langkah selanjutnya, yaitu pengangkutan. Pada saat pengakutan ini, sisi bowl akan diangkat sedikit sehingga material yang terdapat didalam bowl tumpah atau tercecer. Pembongkaran material pada scraper umumnya dilakukan secara bertahap sedikit demi sedikit. Sisi apron dapat dibuka-tutup berulang-kali atau dengan secara bertahap sampai sisi depan bowl kosong saat dilakukan proses pembongkaran. Kemudian, sisi ejector akan menggerakkan material di belakang bowl.

Diatas merupakan pembahasan mengenai motor scraper baik fungsi motor scraper, bagian motor scraper, dan cara kerja motor scraper. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.