Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Check Valve, Bagian, Dan Cara Kerja

Konten [Tampil]

Fungsi Check Valve - Check valve adalah salah satu jenis katup yang banyak digunakan pada sistem hidrolik. Fungsi check valve sangat penting sehingga hampir rangkaian sistem hidrolik menggunakan katup ini. Check valve sering disebut juga dengan non return valve.

Kita tahu jika di dunia industri banyak menggunakan sistem hidrolik untuk membantu berbagai pekerjaan. Oleh karena itu check valve akan semakin banyak digunakan. Oleh karena itu perlu dipelajari berbagai hal mengenai check valve. Untuk lebih jelasnya mengenai check valve mulai dari fungsi check valve, bagian check valve, dan cara kerja check valve akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Check Valve

Fungsi check valve ialah untuk mengendalikan fluida (gas atau cair) yang cuman mengucur ke satu arah saja dan menahan saluran menuju kebalikannya (backflow). Katup ini dimisalkan selaku satu pentil pada roda, mana yang bila satu desakan dalam hal itu adalah cairan hidrolik telah meleweati katup itu, karena itu fluida tidak bisa kembali arah atau kembali lagi.

Check Valve tidak memakai handel untuk mengendalikan saluran, tetapi memakai gravitasi dan desakan dari saluran fluida tersebut. Sebab manfaatnya yang bisa menahan saluran balik (backflow) Check Valve kerap dipakai selaku pengaman dari satu equipment dalam mekanisme perpipaan.

Check valve serupa satu mur sisi enam yang panjang. Tetapi pada bagian luar komponen ini, umumnya ada gambar anak panah dan ukuran desakan yang tercantum pada segi luarnya. Gambar anak panah pada check valve (check valve) memperlihatkan arah saluran dari fluida hidrolik. 

Jadi dalam penempatannya janganlah sampai kebalik, jika kebalik dalam penempatannya, bisa ditegaskan cairan tidak bisa masuk di mekanisme hidrolik dan mekanisme secara automatis tidak bisa berjalan. Untuk ukuran desakan yang tercantum, adalah info ukuran desakan optimal yang sanggup diterima oleh check valve (check valve) atau Non-return Valve itu.

fungsi check valve

Bagian Bagian Check Valve

Konstruksi bagian dalam check valve sebenarnya sederhana. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan bagian bagian check valve:

  1. Pegas desakan (pressure spring), 
  2. Seal, 
  3. Pembuka tutup lubang yang umumnya berupa cone atau berupa kerucut atau bola yang dipasang pada suatu lubang. 

Cara Kerja Check Valve

Cara kerja dari check valve sebenarnya sangat sederhana. Cairan atau fluida hidrolik yang masuk akan menggerakkan cone atau bola itu. hingga lubang secara automatis akan terbuka. Sesudah cairan masuk dan desakan masuk lebih kecil daripada desakan yang keluar, karena itu pegas desakan akan menggerakkan cone atau bola itu ke tempat awal, hingga lubang akan berganti-gantian status jadi tertutup kembali lagi dan cairan hidrolik tidak bisa keluar kembali lagi.

Waktu saluran sesuai arahnya, pergerakan dari saluran itu akan melalui disk atau socket, sesaat jika ada saluran yang bersimpangan, karena itu socket itu akan tertutup, hingga tidak berlangsung saluran balik yang masuk kembali ke dalam pipa. Oleh karena itu kehadiran check valve ini sangat penting, maka janganlah sampai ketinggalan waktu anda membuat satu perancangan fire hydrant.

Pemakaian check valve dalam instalasi hydrant kerap dijumpai pada serangkaian mekanisme pompa. Maksudnya agar saluran fluida tidak kembali dan menyebabkan rusaknya pompa karena performa pompa yang makin bertambah berat.Posisi ini harus sama dan penempatan check valve jangan sampai kebalik, sinyal arah panah harus mengarah ke atas. Jika kebalik karena itu arah saluran air malah tertutup dan bisa menyebabkan pecahnya check valve tersebut atau bahkan juga seluruh jaringan pipa.

Apabila check valve tidak bekerja maka dapat terjadi arus balik / backflow ialah bisa menyebabkan impeller pompa jadi hancur. Peletakan check valve ini yakni di serangkaian pompa dan pada Siamese connection. Untuk pemakaian pada Siamese connection, penempatannya malah harus mengarah ke bawah ke arah lajur pipa hydrant.

Diatas merupakan pembahasan mengenai check valve mulai dari fungsi check valve, bagian check valve, dan cara kerja check valve. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.