Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Relief Valve, Komponen, Dan Cara Kerja

Konten [Tampil]

Fungsi Relief Valve - Relief valve adalah salah satu jenis katup yang banyak ditemukan pada sistem hidrolik. Relief valve hampir dapat ditemukan pada semua rangkaian sistem hidrolik dikarenakan memiliki fungsi yang penting. Lalu apa fungsi relief valve?

Relief valve ini merupakan salah satu jenis safety valve. Dengan kata lain tanpa adanya relief valve pada sistem hidrolik dapat berbahaya. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi relief valve, dan cara kerja relief valve akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Relief Valve

Relief valve atau bypass valve adalah salah satu jenis valve yang memiliki fungsi untuk mengatur atau batasi desakan dengan cara arahkan /mengubah saluran di dalam lajur tambahan yang jauh dari lajur saluran khusus. Batasan desakan yang bekerja pada Valve ini bisa ditata seperti keinginan di samakan dengan keperluan desakan kerja pada lajur /instalasi output seterusnya.

Relief Valve ialah jenis safety valve yang dipakai pada sistem hidrolik. Desakan yang menimbun bisa membuat masalah proses, ketidakberhasilan instrumen atau perlengkapan, atau kebakaran. Desakan dilepaskan dengan biarkan fluida bertekanan mengucur dari aliran pilihan keluar dari metode. Relief Valve direncanakan atau ditata supaya terbuka pada desakan yang sudah dipastikan awalnya membuat perlindungan pressure vessels dan perlengkapan yang lain supaya tidak terserang desakan yang melewati batasan bentuknya. Saat desakan yang disetel terlampaui, relief valve jadi ""path of least resistance" Sebab valve diminta terbuka dan beberapa fluida diarahkan lewat jalur pilihan.

Dalam masalah lain, perlengkapan harus dilindungi supaya tidak alami intern vacum (yakni,low pressure) yang lebih rendah dibanding yang bisa ditahan oleh perlengkapan. Dalam masalah semacam itu,vacuum relief valves dipakai untuk buka pada batasan desakan rendah yang sudah dipastikan awalnya dan untuk masukkan udara atau gas inert ke dalam perlengkapan hingga mengatur jumlah vakum.

fungsi relief valve

Cara kerja Relief Valve

Cara kerja dari Relief Valve adalah apabila terdapat desakan yang masuk input Valve melewati batasan desakan yang sudah disamakan dalam Valve itu karena itu valve akan buka paksa lajur alternatife / opsi / lajur buang untuk mengubah desakan itu. Pada umumnya, Valve ini dipakai selaku perlakuan pertama untuk pengaman desakan sama batasnya (seting operasi maksimal yang dipastikan).  

Relief valve di peranankan untuk batasi desakan kerja maksimal pada metode pengaman. Jadi, bila berlangsung desakan yang berlebihan dari pompa hidrolik, karena itu katup out-let itu akan terbuka, dan desakan yang berlebihan akan dibuang atau dibalikkan kembali ke arah bak penampung atau resevoir. Hingga desakan fluida yang mengucur ke arah metode sesuai batasan keamanan yang telah di tetapkan.

Disamping itu, katup Relief Valve berperan selaku sequence valve saat disambungkan ke aktuator lainnya. Yang diartikan selaku sequence valve yakni jika aliran pada aktuator pertama desakan telah capai batasan maksimal, oleh karena itu valve ini akan buka ke aliran aktuator yang lain. Ada dua jenis pengaturan pada relief valve, yakni relief valve dengan internally controlled dan relief valve dengan eksternally controlled. Menjadi yang membandingkan dari ke duanya yakni metode pendinginnya, ada yang memakai metode pendingin dari dalam dan ada pula yang pendinginnya di luar. Pada gambar berikut ini adalah pendingin Relief Valve dengan metode intern cooler

Diatas merupakan pembahasan mengenai relief valve mulai dari fungsi relief valve, dan cara kerja relief valve. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.