Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Relief Valve: 4 Macam Dan Ulasannya

Konten [Tampil]
Jenis Relief Valve - Relief valve terdapat beberapa jenis dalam penggunaannya pada sistem hidrolik. Setiap jenis atau macam relief valve ini memiliki karakteristik yang berbeda meskipun dari segi fungsi sama. Lalu apa saja jenis relief valve?

Relief valve merupakan salah satu jenis safety valve yang dipakai untuk mengatur atau batasi desakan pada suatu mekanisme. Desakan yang menimbun bisa membuat masalah proses, ketidakberhasilan instrumen atau perlengkapan, atau kebakaran. Oleh karena itu peranan relief valve sangat penting bagi sistem hidrolik. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis relief valve akan dibahas pada artikel berikut ini.

Jenis Relief Valve
jenis relief valve

A. Jenis Relief Control Valve dari langkah penempatannya

Relief valve bisa di pasang dalam mekanisme (intern bypass) atau di luar mekanisme (external), silahkan kita ulas satu-satu:

  1. Relief valve dapat di pasang pada jaringan mekanisme atau intern sistem bypass ialah salah satu jenis relief  valve yang mana membypass antara lajur keluar dan lajur masuk serta mengembalikan desakan outle kembali pada inlet yang lain ruangan / penyekat pada suatu pompa. Pada saat debet cairan isi cup dan desakan pada discharge mengalami kenaikan desakan, maka memungkinkannya cairan bergerak lewat lajur menuju inlet pompa. Ini seperti mendesak kemampuan pegas yang penataan-nya dengan memutar skrup pegas selaku pengontrol desakan relief yang diperlukan.
  2. Relief valve yang di pasang di luar mekanisme atau eksternal sistem bypass merupakan salah satu jenis relief valve yang memiliki desain dengan menempatkan valve dalam mekanisme. Pada konsepnya sama dengan intern sistem bypass akan tetapi valve terpasang di luar pompa di instalasi pipa dan umumnya ada di dekat outlet pompa atau hilir dari katup lain dalam mekanisme

B. Jenis Relief Control Valve dari konstruksinya

  1. Type Poppet adalah salah satu jenis relief valve yang memiliki konstruksi terbagi dalam valve, spring dam adjusting screw dan shim / nut.
  2. Type Piston memiliki konstruksinya terbagi dalam piston valve, spring dam adjusting screw dan lock nut.
  3. Type Pilot memiliki konstruksinya terbagi dalam pilot valve, 2 spring dam adjusting bolt dan lock nut. Relief control valve type-pilot hampir sama dengan type poppet dalam melepaskan desakan oli tapi berlainan waktu akhir pembebasan olinya dan gampang dalam mengendalikan desakan seperti gampangnya waktu melepaskan oli. Naiknya desakan akan mengakibatkan pilot valve terbuka hingga desakan pada balance chamber turun dan main valve bergerak ke kanan yang seterusnya buka aliran yang semakin besar. Ke-3 type katup pengatur desakan di atas ( pressure control valve ) biasanya digunakan untuk relief dan safety valve.

Diatas merupakan pembahasan mengenai jenis relief valve yang banyak digunakan pada sistem hidrolik. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.