Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal 5 Alat Pemadatan Tanah

Konten [Tampil]
Alat Pemadatan Tanah - Untuk mempercepat proses pembuatan sebuah konstruksi membutuhkan berbagai peralatan pemadatan tanah. Alat pemadatan tanah ini memiliki fungsi untuk persiapan lahan agar benar benar siap untuk berbagai konstruksi besar.

Terdapat beberapa proses yang harus dilalui sebelum pengerjaan konstruksi dibangun. Yang pertama dilakukan adalah proses pembersihan. Setelah itu proses pemadatan tanah dilakukan agar konstruksi dapat terbangun dengan baik.

Konstruksi tanah di indonesia agak kurang baik. Oleh karena itu proses pemadatan tanah agar pori pori tanah dikeluarkan dengan salah satu cara mekanis yaitu memukul atau menggilas. Tujuan pemadatan tanah adalah untuk meningkatkan daya atau kekuatan tanah, merataka elevasi area, dan memperkecil daya rembes air atau pengaruh air terhadap tanah. 

Untuk melakukan proses pemadatan tanah dengan cepat biasanya menggunakan bantuan dari alat berat. Terdapat beberapa jenis alat pemadatan tanah yang dapat digunakan untuk membantu proses pemadatan tanah. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan medan, kontur tanah, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai alat pemadatan tanah.

Alat Pemadatan Tanah

Terdapat beberapa jenis alat pemadatan tanah yang sering ditemukan pada berbagai pekerjaan konstruksi. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai alat pemadatan tanah.

1. Vibrator Roller

Alat yang paling sering ditemukan pada saat proses pemadatan tanah dilakukan adalah vibrator roller. Alat ini dapat bergetar yang berguna agar butiran-butiran akan langsung masuk dan mengisi kekosongan atau pori pori didalam tanah. Akibatnya tanah akan menjadi lebih padat.
alat pemadatan tanah

2. Tamping Roller

Tamping roller sering digunakan pada proses pemadatan tanah berkonstruksi lempung dan campuran pasir lempung. Namun untuk tanah yang memiliki konstruksi lebih besar seperti kerikil dan pasir tidak mampu dipadatkan oleh tamping roller. 

Proses pemadatan tanah dengan tamping roller menggunakan cara peremasan. Pada bagian depan tamping roller terdapat drum berongga yang dilapisi dengan menggunakan kaki kaki baja. Setiap roda dan roller memiliki lebar dan diameter yang bervariasi. Setiap tamping roller memiliki dua roda atau lebih.
alat pemadatan tanah

3. Three Wheel Roller

Three wheel roller merupakan alat pemadatan tanah yang paling populer. Hal ini dikarenakan three wheel roller merupakan peralatan pemadatan tanah tertua. Three wheel roller digunakan untuk proses pemadatan lapisan yang terdiri dari butiran butiran kasar. 

Three wheel roller memiliki berat antara 6 sampai 12 ton. Untuk memaksimalkan proses pemadatan maka pada bagian drum atau silinder dapat diisi dengan air atau minyak untuk menambah berat dari three wheel roller sekitar 15 sampai 35%.
alat pemadatan tanah

4. Tandem Roller

Setelah dilakukan proses pemadatan maka dapat dilakukan pemadatan ulang untuk menghasilkan konstruksi yang lebih padat menggunakan tandem roller, sebagai contoh yaitu pada penggilasan aspal. Dengan menggunakan tandem roller maka dapat dihasilkan permukaan yang lebih rata dan padat sehingga hasil menjadi sempurna.  

Tandem roller terdiri dari dua jenis yaitu tandem roller two axle atau berporos dua dan three axle atau berporos tiga. Three tandem roller biasanya digunakan setelah two axle yaitu untuk pemadatan ulang berbagai pekerjaan konstruksi. Untuk memaksimalkan proses pemadatan tanah maka tandem roller dapat ditambahkan berat sampai 65%.
alat pemadatan tanah

5. Segment Roller

Segment roller atau yang lebih dikenal dengan sheep foot roller merupakan salah satu alat yang digunakan untuk proses pemadatan tanah. Segment roller merupakan mesin penggilas yang memiliki lempengan lempengan baja. Dengan lempengan baja ini maka segment roller dapat menekan tanah bagian bawah serta lapisan air yang terdapat didalam tanah sehingga kepadatan tanah menjadi maksimal.
alat pemadatan tanah

6. Pneumatic Roller

Pneumatic roller atau universal compactor yang memiliki fungsi sebagai penggilas tanah untuk proses pemadatan tanah. Pneumatic roller memiliki ban karet yang dipompa dan dapat digerakan maju atau mundur serta digetarkan agar bergerak naik turun untuk menciptakan sebuah tumbukan yang keras. Alat ini memiliki berat 80 ton sehingga mampu memadatkan tanah sedalam 24 inch. Untuk memaksimalkan area gilasan maka pneumatic roller terdiri dari roda yang berjumlah ganjil seperti 9 (4 bagian belakang dan 5 bagian depan) atau yang lain.
alat pemadatan tanah

7. Trench Roller

Trench roller merupakan salah satu alat pemadatan tanah khusus yang digunakan pada konstruksi galian parit. Dengan begitu alat ini memiliki konstruksi khusus. Selain itu trench roller mampu memadatkan tanah hingga 16 sampai 23 inch.
alat pemadatan tanah
Diatas merupakan pembahasan mengenai alat pemadatan tanah yang banyak ditemukan pada pekerjaan konstruksi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.