Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal 3 Jenis Excavator Dan Fungsinya

Konten [Tampil]
Jenis Excavator Dan Fungsinya - Excavator merupakan salah satu jenis alat berat yang digunakan untuk pekerjaan konstruksi. Excavator memiliki beberapa fungsi sehingga terdapat beberapa jenis excavator. Lalu apa saja jenis excavator dan fungsinya?

Excavator adalah peralatan yang terdiri dari serangkaian lengan dan keranjang yang berfungsi untuk proses pengerukan. Excavator memiliki kemampuan pengerukan permukaan tanah secara efisien. Oleh karena itu tak heran alat ini sering ditemukan pada pekerjaan konstruksi, perkebunan, maupun pertambangan.

Namun fungsi atau kegunaan excavator tidak terbatas hanya pada pengerukan saja melainkan terdapat berbagai fungsi lainnya. Fungsi lain excavator seperti penggalian, pemindahan material, menghancurkan bangunan. Untuk menjalankan berbagai fungsi tersebut maka terdapat berbagai jenis excavator.

Setiap jenis excavator memiliki fungsi dan peranan yang berbeda beda. Oleh karena itu penggunaanya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis excavator dan fungsinya akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Jenis Excavator Dan Fungsinya

Terdapat beberapa jenis excavator yang memiliki fungsi tertentu dan sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai jenis excavator dan fungsinya.

1. Crawler Excavator

Crawler excavator merupakan jenis excavator yang paling umum dan sering ditemukan. Crawler excavator memiliki fungsi untuk proses pengerukan atau penggalian permukaan tanah. Excavator jenis ini memiliki bucket berukuran kecil. 

Crawler excavator memiliki roda berbentuk track yang dapat digunakan untuk permukaan jalan yang extrem seperti berlumpur, dan lain sebagainya. Namun mobilitas yang dihasilkan tentunya akan lebih rendah daripada alat lain yang menggunakan roda ban sebagai penggerak. 
jenis excavator dan fungsinya

2. Backhoe Excavator

Backhoe excavator merupakan jenis excavator yang digunakan untuk memindahkan material dari satu tempat ke tempat yang lain. Alat ini memiliki bentuk yang lebih kompak dan memiliki roda berbentuk ban karet. Dengan ini maka backhoe excavator memiliki mobilitas yang lebih tinggi daripada crawler excavator.

Backhoe excavator memiliki bentuk bucket yang lebih besar. Fungsinya agar material yang diangkut dapat lebih banyak sehingga efektifitas pekerjaan akan lebih optimal.
jenis excavator dan fungsinya

3. Dragline Excavator

Dragline excavator adalah salah satu jenis excvator yang memiliki ukuran yang besar. Dragline excavator memiliki fungsi khusus untuk pemindahan material yang berukuran besar. Fungsi dragline excavator hampir sama dengan crawler namun penggunaannya dapat lebih luas dan efektif. 

Berbeda dengan excavator yang lainnya, dragline excavator tidak menggunakan tenaga hidrolik. Excavator ini menggunakan kawat baja yang ditarik untuk menggerakkan bucket. 
jenis excavator dan fungsinya
Diatas merupakan pembahasan mengenai jenis excavator dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.