Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Pemadat Aspal : Jenis Dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Alat Pemadat Aspal - Terdapat berbagai pekerjaan yang membutuhkan alat berat, salah satunya adalah pemadatan aspal. Berbagai alat pemadatan aspal ini digunakan untuk mempercepat serta memudahkan pembuatan jalan.

Setiap alat berat memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat efisiensi pekerjaan. Semakin tinggi efisiensi alat maka tingkat pemakaian juga akan lebih besar. Untuk lebih jelasnya mengenai alat pemadat aspal akan dibahas pada artikel berikut ini. 

alat pemadat aspal

Alat Pemadat Aspal

1. Bulldozer

Bulldozer adalah alat berat yang digunakan untuk pekerjaan pembersihan tempat serta sering dipakai untuk lakukan penghamparan tanah urug. Setelah tempat dibikin bersih seterusnya dilaksanakan pekerjaan perataan tanah bersama menggunakan fasilitas buldozer. Untuk mengalihkan tanah second galian hingga digunakan dump truk

2. Excavator

Excavator dipakai untuk penggalian. Baik itu penggalian untuk perluasan jalan atau penggalian untuk aliran atau drainase samping jalan. Bergantung keadaan lapangan, excavator dapat digunakan untuk pekerjaan lain seperti pembersihan tempat, pemancangan cerucuk, serta untuk pekerjaan penghamparan. Saat sebelum jalan raya dibuat, tempat dibikin bersih dahulu dari sampah atau pohon-pohon selanjutnya diratakan. Buat bersihkan tempat dan mengeruk atau mengurug tanah.

3. Motor grader

Motor grader atau grader adalah salah satu alat berat yang dipakai untuk pekerjaan pengupasan tanah, pembangunan lapis fondasi, penghamparan agregat atau penghamparan tanah tumpukan.

4. Vibratory roller

Vibrator roller adalah alat yang dipakai untuk memadatkan tanah landasan, susunan tumpukan tanah, memadatkan lapis fondasi agregat seperti LPA, LPB, serta LPC serta pemerataan permukaan jalan. 

5. Water tanker

Water tanker dipakai bila susunan tanah atau agregat yang akan dipadatkan berkadar air yang lebih rendah dari kandungan air optimumnya.

6. Asphalt finiser

Asphalt finisher atau asphalt paver adalah alat yang digunakan untuk menghamparkan aspal. Setelah susunan fondasi bawah usai ditangani, proses selanjutnya yakni penghamparan asphalt yang diawalnya awalnya sudah dipanaskan apa lagi dahulu karena itu mencair. untuk membentangkan asphalt digunakan fasilitas asphalt finiser

7. Tandem Roller

Tandem roller adalah alat pemadat yang menggunakan roda besi / roller untuk memadatkan kombinasi aspal yang sudah dihampar oleh asphalt finiser. Setelah asphalt berhasil dihamparkan pada permukaan jalan raya yang sudah diukur menggunakan theodolit maka dipadatkan dengan menggunakan double drum roller sampai terpenuhi tingkat kepadatan dan elevasi yang diperkirakan.

8. Pneumatic Tyre Rollers

Pneumatic tyre roller adalah alat pemadat dengan roda karet ini dipakai untuk pencampuran akhir susunan material pada aspal. Dengan begitu material akan lebih tercampur secara merata.

9. Dump truck

Dump truck berperan selaku alat pengangkut material. Dump truck memiliki sebuah bak dengan kapasitas tertentu sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu efektifitas pengangkutan material lebih terjamin.

Diatas merupakan pembahasan mengenai alat pemadat aspal yang sering digunakan untuk pekerjaan konstruksi jalan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.