Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Tandem Roller : Fungsi, Bagian, Dan Cara Kerja

Konten [Tampil]
Tandem Roller Adalah - Tandem roller adalah salah satu jenis compactor yang banyak ditemukan pada pekerjaan konstruksi. Tandem roller memiliki peranan yang penting untuk efisiensi pekerjaan. Alat berat ini ada dua jenis yakni two axle tandem roller (dengan 2 as) dan three axle tandem roller (dengan 3 as). Untuk lebih jelasnya mengenai tandem roller mulai dari fungsi tandem roller, bagian tandem roller, dan cara kerja tandem roller akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Tandem Roller

Tandem roller adalah alat untuk memadatkan tumpukan atau tanah yang akan diratakan hingga tanah atau tumpukan jadi padat. Dalam penyelesaiannya alat berat ini umumnya dipakai dalam pengerjaan jalan, bagus untuk jalan tanah dan jalan dengan pengerasan lentur atau pengerasan kaku.
 
Alat berat ini umumnya dipakai untuk pekerjaan penggilasan akhir, misalkan untuk pekerjaan penggilasan aspal beton supaya didapat hasil akhir permukaan yang rata. Alat ini memberi trek yang serupa pada semasing rodanya, dan beratnya di antara 8-14 ton, dan jika diharapkan bisa berisi air, hingga bisa menambahkan berat 25-60%.
 
Three axle tandem roller umumnya dipakai untuk pekerjaan yang berat sama dalam waktu kerjakan dasar pesawat terbang atau membuat fondasi jalan. Pada three axle tandem roller ditambahkan satu roda depan yang terpasang pada ekstensi overhead frame disebutkan walking beam, yang bisa bergerak bebas turun naik mengikut ketidakrataan permukaan jalan, hingga unit desakan per unit lebar rol bisa dipertahankan besarnya. Walking beam dapat digembok, hingga bisa bergerak ke atas saja jika permukaan jalan tidak rata. 

Bagian Tandem Roller

Terdapat beberapa bagian tandem roller yang memiliki fungsi dan peranan penting. Berikut merupakan komponen tandem roller yang terdiri dari:
tandem roller adalah
  1. Mesin atau engine
  2. Pompa Kemudi atau steering pump
  3. Pembagi daya atau power driver
  4. Pompa propeller atau propelling pump
  5. Pompa penggetar atau vibrating pump
  6. Katup kemudi
  7. Silinder kemudi
  8. Motor penggerak atau pemutar atau ropelling motor
  9. Transmisi
  10. Rem parkir atau parking brake
  11. Sambungan universal
  12. Roda gigi differential
  13. Roda gigi planet
  14. Motor getar
  15. Penggetar

Cara Kerja Tandem Roller

Pada kebanyakan tandem roller memiliki susunan roda yang mana guide roll berada di depan, dan drive roll berada di belakang. Dengan begitu operator akan menghadap ke depan ke arah guide roll. Selain itu tandem roller akan bergerak kedepan ketika bekerja atau digunakan.

Untuk mencegah kemiringan dari tandem roller maka biasanya pekerjaan penggilasan dilakukan mulai dari tepi terendah. Hal ini untuk mengantisipasi pergerakan tanah yang di gilas bergeser kearah yang lebih rendah. Dengan proses pemampatan bagian tepi maka tanah bagian tengah akan tertahan oleh tanah tepi yang telah dipadatkan.

Untuk perpindahan jalur maka wajib menggerakkan tandem roller ke arah depan. Hal ini agar tidak terjadi kerusakan pada permukaan lapisan yang sudah dibentuk.

Pada proses pengaspalan juga masih diperlukan alat seperti ini. Khususnya pada proses pecanduan bentangan kombinasi aspal panas atau hot mix. Bentangan aspal selanjutnya di break down rolling waktu proses finising. Alat ini dinamai tandem karena roda besinya yang terpasang segaris dengan roda belakang. Umumnya rodanya ada tiga buah. Pada pekerjaan lapisanan fondasi atau perata penetratif umumnya memakai tandem roller mode 3 wheel roller. 
 
Penggunaan alat ini semakin lebih efektif, sebab saat lakukan pelintasan ada 2x pecanduan. Oleh karena itu, berat dari tendem roller ini tidak besar. Sebab perlengkapan ini diperlengkapi dengan roda besi yang bergetar. Baik roda depan atau roda belakang turut bergetar, hingga ground impact yang dibuat ke dua roda ini semakin lebih besar di atas bentangan. Sebab mempunyai macam tehnis berbentuk getaran karena itu orang orang biasa mengatakan dengan vibrating tandem roller. Hal yang memengaruhi getaran roda ini ialah frekwensi dan amplitude dari getaran. 
 
Untuk hasil pecanduan yang maksimal karena itu diputuskan frekwensi yang tinggi dan amplitude yang kecil. Tetapi ini nanti akan memengaruhi kecepatan dari trek. Gerakan jadi semakin lebih perlahan dan dapat turunkan kemampuan produksi yang dibuat. Untuk roda pendorongnya dapat salah satunya atau ke-2 nya atau anda bisa juga mengendalikan pada drive wheel.

Diatas merupakan pembahasan mengenai tandem roller mulai dari fungsi tandem roller, bagian tandem roller, dan cara kerja tandem roller. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.