Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Berat Wales : Pengertian, Cara Kerja, & Keuntungan

Konten [Tampil]
Alat Berat Wales - Terdapat berbagai macam alat berat, salah satunya adalah wales atau stump. Alat berat wales ini termasuk alat perata tanah. Lalu apa sih sebenarnya alat berat wales itu?

Untuk lebih jelasnya terkait jenis alat berat ini akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini. Pembahasan mulai dari pengertian, serta cara kerja alat berat wales.

alat berat wales

Pengertian Alat Berat Wales

Stump (Vibro Roller) atau disebutkan dengan wales ialah alat yang dipakai untuk memadatkan permukaan tanah atau aspal. Stump kerap dipakai saat membuat suatu jalan raya.

Alat ini sebenarnya namanya Vibro Roller, tetapi orang Indonesia kerap mengatakan dengan stum, mesin galindong atau mesin penggulung. Ukuran alat itu di pasar cukup bermacam, ada yang ukuran kecil, sedang sampai besar. Membuat alat itu bisa dipakai di beberapa jenis tempat, dimulai dari tempat yang ukuran kecil sampai yang ukuran besar.

Wales datang selaku salah satunya jalan keluar untuk memperlancar proses pembuatan jalan. Sejauh ini kita tinggal menggunakan jalan beraspal yang mulus tapi tidak demikian memerhatikan bagaimana pembikinannya. Memerlukan proses yang lama. Perlu waktu untuk meratakan jalan, membuat lajur selanjutnya memberikan material lain seperti kerikil.

Perlu kerapian dan kecermatan. Kepadatan jalan akan punya pengaruh pada kualitas jalan nanti. Sudah pasti kualitas material berperanan. Bukanlah hal gampang untuk memadatkan jalan saat sebelum diaspal.

Cara Kerja Alat Berat Wales

Kenapa Wales demikian difavoritkan? Ini tidak lain sebab kekuatannya yang sanggup mengoptimalkan performa. Diantaranya di saat proses pengerjaan jalan. Alat ini mempunyai ukuran yang cukup besar dan berat yang berat. Minimal sekitar delapan sampai 12 ton.

Bahkan juga alat ini bisa menambahkan berat sampai 25 sampai 60 %. Intinya saat pada bak roda bungkusukan pasir atau air. Alat ini diberi dengan roda yang dengan diameter 1,75 mtr. Alat berat ini mempunyai kecepatan kerja sekitar 2,4 sampai 4,8 rpm.

Kekuatan kecepatan alat ini rerata capai sampai 10 km/jam. Hal yang lain harus dipahami ada dua type wales yakni beroda dua dan beroda tiga. Wales roda tiga disebutkan lebih mempunyai kekuatan yang oke. Tidaklah aneh jika alat ini nyaris selalu dipercayai untuk kerjakan project besar misalkan pengerjaan bandara.

Dalam proses pembuatan proyek-proyek konstruksi ada faktor-faktor yang tentukan hasil kerja yang optimal. Dimulai dari factor material yang bermutu, perbedaan jumlah material yang dipakai dan besar atau luas project yang ditangani imbang, bagaimana kemampuan alat, factor alam atau cuaca dan factor revisi.

Factor revisi terkait kuat dengan keadaan medan waktu alat berat dipakai dan keadaan mesin waktu alat bekerja dan factor operator. Nah, selaku alat untuk memadatkan jalan, Wales mempunyai peranan penting yang mengoptimalkan hasil.

Menjadi rahasia jika keadaan daerah Indonesia berbeda. Ada keadaan daerah dengan tanah yang simak, licin, ada keadaan tanah yang gembur, ada keadaan tanah yang keras, ada keadaan tempat yang keras dan berbatu dan yang lain. Beberapa hal ini perlu jadi alasan saat sebelum pilih alat berat yang akan dipakai.

Alat berat memang berperan untuk menolong pembuatan project konstruksi yang berat. Tetapi bila cuman asal pilih alat berat tanpa menimbang keadaan meda karena itu nanti cuman akan merepotkan. Misalkan wales, alat ini tidak pas dipakai pada medan yang curam. Ini karena ban yang dipakai Wales memakai material besi. Bila dipaksanya pada tempat yang curam karena itu nanti cuman akan menghancurkan alat berat ini atau performanya malah tidak optimal.

Keuntungan Alat Berat Wales

Lalu kenapa harus memakai Wales? Minimal ada tiga argumen yang dapat jadi selaku alasan, yakni :

  1. Pemakaian tenaga hidrolik untuk gerakkan roda-roda wales hingga mempunyai perform yang kuat.
  2. Kekuatan wales di mana alat ini dapat dipakai untuk memadatkan sekalian melindas material kerikil.
  3. Gabungan berat dan diameter ban yang lumayan lebar hingga proses pecanduan tanah dapat berjalan bisa lebih cepat.

Itu kenapa saat sebelum satu project ditangani harus betul-betul dipikir dan direncanakan dengan masak. Hitung berapakah luas tempat yang akan ditangani, hitung berapakah material yang dipakai, menimbang keadaan daerah dan kualitas material.

Disamping itu perlu menimbang beberapa alat berat apa yang akan dipakai. Tidak sekedar hanya asal tentukan tapi perlu menimbang besar tidaknya project itu, luas tempat, peranan, keadaan tempat dan lain-lain. Hingga di saat harus memakai Wales juga betul-betul dapat digunakan perannya dengan pas dan proses pembuatan konstruksi juga dapat berjalan secara lancar.

Diatas merupakan ulasan terkait alat berat wales mulai dari pengertian, cara kerja, dan keuntungan penggunaan alat berat wales. Semoga dapat bermanfaat.