Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Pengeruk Tanah : 4 Macam & Ulasannya

Konten [Tampil]
Alat Pengeruk Tanah - Dalam upaya mempercepat proses pengerjaan sebuah konstruksi memerlukan bermacam perlengkapan pengeruk tanah. Alat pengeruk tanah ini mempunyai peranan untuk penyiapan tempat supaya betul-betul siap untuk bermacam konstruksi besar.

Dalam sektor konstruksi, yang disebutkan alat berat ialah alat yang dipakai untuk mempermudah manusia kerjakan pekerjaan konstruksi hingga hasil yang diinginkan bisa terwujud lebih gampang dan dalam saat yang lebih singkat.Tetapi, pemakaian alat berat yang kurang pas dan sesuai situasi dan kondisi di atas lapangan akan menyebabkan rendahnya produksi, tidak terwujudnya sasaran seperti agenda yang sudah dipastikan, atau rugi karena pembaruan yang tidak seharusnya terjadi.

Ada proses-proses yang perlu dilewati saat sebelum pembuatan konstruksi dibuat. Yang pertama dilaksanakan ialah proses pembersihan. Selain itu terdapat proses lain yaitu pengerukan tanah dilaksanakan supaya konstruksi bisa terjaga secara baik.

Proses pengeruk tanah ini memiliki berbagai tujuan. Sebagai contoh untuk pembangunan pondasi, membuat saluran pembuangan, dan lain sebagainya. Tentu berbagai pekerjaan ini memiliki peranan yang sangat penting agar pekerjaan konstruksi dapat berjalan dengan baik.

Untuk lakukan proses pengerukan tanah secara cepat umumnya memakai kontribusi dari alat berat. Ada banyak jenis alat pengeruk tanah yang bisa dipakai untuk menolong proses pengeruk tanah. Ini disamakan dengan keperluan berdasar medan, kontur tanah, dan lain-lain. Untuk lebih detilnya berikut adalah ulasan berkenaan alat pengeruk tanah.

Alat Pengeruk Tanah

1. Dozer

Dozer atau Loder adalah alat pengeruk tanah yang biasa digunakan pada pekerjaan konstruksi. Selain itu alat ini juga digunakan untuk menangani material hasil penggalian atau tumpukan material. Di bagian dozer ada bucket hingga alat ini disebutkan front end dozer.

Dalam penggunaannya terdapat 2 jenis type dozer diantaranya, memakai roda kelabang (Crawler Tractor Dozer) dan Buldozer yang memakai roda karet (Wheel Tractor Dozer). Dengan adanya bucket maka dozer memiliki kemampuan untuk pekerjaaan pengerukan tanah meskipun tidak memiliki kemampuan dalam kedalaman tertentu.

alat pengeruk tanah

2. Excavator

Excavator merupakan salah satu alat berat pengeruk tanah yang banyak digunakan pada berbagai pekerjaan konstruksi. Alat berat ini memiliki boom yang panjang sehingga mampu mengeruk sampai kedalaman tertentu. Selain itu tersedia berbagai ukuran sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Penyeleksian excavator sebaiknya menimbang kekuatan alat itu pada keadaan lapangan tertentu. Ketidaksamaan khusus bermacam jenis excavator berada pada penggalinya yang ada dibagian depan, tapi semua mempunyai alat pendorong yakni roda ban atau crawler. Excavator yang memakai crawler biasanya diputuskan bila alat itu akan dipakai pada permukaan kasar atau kurang padat. Disamping itu sebab alat itu dalam operasionalisasinya tak perlu lakukan banyak peralihan tempat.

alat pengeruk tanah

3. Motor Grader

Motor grader adalah salah satu alat pengeruk tanah. Walaupun pada dasarnya motor grader adalah alat yang dipakai untuk meratakan tanah dan permukaan yang diinginkan. Selain itu motor grader memiliki berbagai fungsi lainnya seperti berikut:

- Grading (perataan permukaan tanah)
- Shaping (pemangkasan untuk memperoleh wujud/profile tanah)
- Bank shaping (pemangkasan untuk memperoleh wujud/ profile tanah)
- Scarifiying (pengerukan untuk pengerjaan aliran)
- Ditching (pemangkasan untuk pengerjaan aliran)
- Mixing and spreading (menambah dan membentang material di lapangan)

alat pengeruk tanah

4. Loader

Loader atau wheel loader adalah salah satu alat pengeruh tanah. Loader mempunyai wujud yang nyaris serupa dengan bulldozer tetapi bucket loader bisa diangkat dengan ketinggian tertentu dan dipakai sebagai alat pemuat. Loader bisa dipakai untuk material tanah yang sudah tergerai atau mungkin tidak keras. Selain itu alat ini juga dapat digunakan sebagai pengeruk tanah dengan kontur yang sudah lembut seperti tanah urug, dan lain sebagainya.

alat pengeruk tanah
Diatas merupakan ulasan terkait berbagai macam atau jenis alat pengeruk tanah yang banyak digunakan pada berbagai bidang pekerjaan. Semoga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.