Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nama Truk Pengangkut Alat Berat : 7 Nama Dan Ulasannya

Konten [Tampil]
Nama Truk Pengangkut Alat Berat - Dalam sebuah pengangkutan alat berat, diperlukan kontribusi truk dalam pengerahan alat berat atau pengiriman alat berat. Karena beberapa alat berat tidak di perkenankan untuk berjalan di jalanan umum tanpa kontribusi truk pengangkut. Oleh karenanya, diperlukan armada yang oke dalam mengusung alat berat dari tempat awalnya sampai ke posisi pengiriman.

Sebab alat berat terbagi dalam bermacam tipe, wujud dan ukuran, armada pengangkutnya berbeda bergantung tipe alat beratnya. Karena tidak seluruhnya armada truk bisa mengusung alat berat yang serupa. Saat sebelum anda menggunakan layanan pengangkutan alat berat, sebaiknya anda mengenali sedikit berkenaan beberapa armada truk yang dipakai dalam pengiriman alat berat. Untuk lebih jelasnya terkait nama truk pengangkut alat berat akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Nama Truk Pengangkut Alat Berat

1. Off Highway Truck

Tipe truk alat berat yang pertama ialah off highway truck. Truck memiliki ukuran besar diperlengkapi dengan ke enam roda yang memiliki ukuran besar juga. Truck yang ini berperan untuk mengusung batu bara, tembaga, tanah, atau biji besi.

Off Highway truck sering diputuskan di posisi pertambangan sebab dipadankan dengan suport dealer yang sesuai kelasnya. Truck yang memiliki ukuran 5 kali lipat dari mobil ini sanggup mengubahakan material atau barang mulai 40 T sampai 360 T.

nama truk pengangkut alat berat

2. Trailler Truck

Untuk tipe truk pengangkut material berat paling populer di Indonesia ini ialah tipe truk yang terbesar dan sanggup mengusung beban yang besar sekali. Bahkan juga optimal beban yang dapat dimuat capai 26 ton lebih.

Tidaklah aneh memang, karena truk kelas berat ini memiliki ukuran lumayan besar, bahkan juga jumlah bannya keseluruhan capai 16 ban, bahkan juga ukuran yang besar dapat mempunyai 26 buah ban.

nama truk pengangkut alat berat

3. Truk Self-Loader

Tipe truk ini ialah yang umum dan tersering dipakai dalam pengiriman alat berat. Karena Truk ini memiliki kelebihan dibandingkan tipe truk lain, di mana truk Self Loader diperlengkapi dengan tehnologi hidrolik di bagian depan truk. Hingga saat dinaikkan, truk ada pada status miring yang cocok dan memungkinkannya untuk alat berat loading ke bak truk. Begitupun saat di turunkan. Tipe truk ini biasa mengusung tipe alat berat seperti excavator, bulldoser, loader dan sebagainya.

nama truk pengangkut alat berat

4. Truk Towing

Truk towing biasanya menolong mengusung mobil yang berhenti di jalan seperti pada jalan tol atau jalanan non-tol. Tetapi perannya dapat dipakai untuk pengiriman alat berat yang ukuran kecil seperti forkllift. Di bagian belakang truk ini, diperlengkapi dengan sisi yang agak miring dan jembatan tambahan untuk mempermudah penaikan dan pengurangan alat berat.

nama truk pengangkut alat berat

5. Truk Tronton

Tipe truk ini adalah yang paling besar di kelas. Karena jumlah ban pada truk tronton saja dapat capai 10 sampai 12 buah. Ini sebab truk tronton sanggup bawa beban sampai 20 ton. Biasanya truk tronton dipakai untuk mengusung material project seperti besi ulir, paku bumi atau tiang pancang, semen atau batu. Selain itu tipe truk ini dapat digunakan untuk membawa alat berat asalkan sesuai dengan ukuran baknya.

nama truk pengangkut alat berat

6. Truk Lossbak

Truk lossbak ialah tipe truk yang tidak mempunyai bak di bagian belakangnya. Truk tronton maupun truk trailer yang tidak mempunyai bak dapat disebutkan truk lossbak. Arah dibikin truk tanpa bak ini untuk mempermudah pengiriman alat berat tak perlu takut tidak muat bila ditempatkan di dalam bak truk.

nama truk pengangkut alat berat

7. Truk Lowbed

Truk lowbed mempunyai lantai sasis yang rendah dibanding dengan tipe truk yang lain. Dan ukuran yang lebih panjang dari truk yang lain juga. Lantai sasis yang lebih rendah, mempermudah dalat proses muat dan turunkan alat berat, dan memiliki bentuk yang panjang dapat mengusung alat berat yang panjang juga.

nama truk pengangkut alat berat
Diatas adalah ulasan terkait nama truk pengangkut alat berat yang banyak digunakan pada berbagai pekerjaan. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.