Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Penggali Tanah : 4 Jenis Alat Berat Dan Ulasannya

Konten [Tampil]
Alat Penggali Tanah - Yang diartikan dengan alat gali di sini adalah alat berat yang perannya mengeruk tanah, baik kebawah atau kesamping. Tanah hasil galian umumnya dilumpukkan disekelilingnya, dapat juga termuat di dalam dump truck untuk diangkut ketempat lain.

Alat berat ini bisa bergerak sendiri dengan roda ban umumnya memiliki kemampuan kecil dengan tenaga dari 75 ponsel-110 ponsel, kekuatan gali dari 4,4 m sampai 6 m. Alat berat ini bergerak dengan ban, karena itu waktu bekerja mengeruk, mendapatkan beban yang berat. Untuk menghindar kerusakan pada ban dan untuk memperoleh konsistensi kerja, karena itu alat berat ini harus didukung oleh yang bernama outrigger yang ditaruh di bagian belakangnya.

Alat berat yang bergerak dengan rantai memiliki kemampuan yang besar, yakni bertenaga 80 ponsel-800 ponsel, kekuatan gali dari 5 m sampai 15 m. Jadi pada dasarnya alat gali ini ada dua macam, yakni yang wheel dan yang trek. Untuk lebih jelasnya terkait alat penggali tanah akan diulas pada artikel berikut ini.

Alat Penggali Tanah

1. Backhoe Loader

Yang pertama, alat penggali tanah yaitu backhoe loader. Alat berat ini bekerja dwi peranan, yakni sisi depan berperan sebagai laoder, sedang sisi belakang sebagai shovel (backhoe). Backhoe ini terhitung kecil tenaga yang diperlukan seputar 80-110 ponsel saja. Kekuatan mengeruk, keatas bisa capai 7 m, sedang kebawah sampai 6,5 m. 

Karena bekerjanya dwifungsi, karena itu roda depan lebih kecil daripada roda belakang supaya gesit sedang sisi belakangnya harus juga didukung dengan outrigger supaya didapatkan konsistensi kerja waktu menjalankan shovel. Backhoe ini dapat dipasang hydraulic hammer dan hydraulic compactor.

alat penggali tanah

2. Power Shovel

Power shovel adalah alat berat yang mengeruk tanah dengan gerakkan lengannya (arm, pemegang bucket) kedepan dan serempak dengan gerakkan bucketnya juga, tanpa pergerakan tubuhnya. Alat berat ini sangat jarang dipakai untuk project jalan, seringkali dipakai di project bendung
atau pertambangan.

Tenaga mesin alat berat ini sekitar dari 400 ponsel sampai 1500 ponsel. Kemampuan bucketnya dari 5
m3 sampai 17 m3. Bucket yang besar memakai bottom dump, sisi bawah bucket bisa dibuka, hingga keproduktifan bertambah. Karena beratnya yang berat, karena itu power shovel berjalan dengan memakai trek.

alat penggali tanah

3. Backhoe Shovel

Backhoe shovel adalah salah satu alat penggali tanah. Alat berat jenis ini sebagai perlengkapan yang terbanyak manfaatnya dan terbanyak typernya. Ada beberapa puluh type dari yang bertenaga 17 ponsel sampai 1500 ponsel. Attachment perlengkapan ini bisa ditukar-ganti dengan beberapa jenis yang lain, baik hanya diujungnya, tempat bucket, atau mulai dari boomnya.

Peranan khusus Backhoe shovel adalah mengeruk tanah dan memuatkannya ke truck atau menumpuk tanah itu di sekitar shovel itu dengan memutar tubuhnya. Jadi waktu beroperasinya alat ini tidak berpindah tempat. Beda backhoe shovel dengan front shovel adalah cuman pada pergerakan boom dan bucketnya. Backhoe shovel mengutamakan boomnya sekalian memutar bucket mengarah tubuhnya untuk mengeruk tanah, sedang front shovel kebalikannya.

alat penggali tanah

4. Clam Shell

Yang terakhir terkait jenis alat penggali tanah yaitu clam shell. Alat berat ini sesungguhnya sebagai excavator, yang membedakan hanya bucketnya saja dan proses penggaliannya. Pada clam shell dengan kabel (tidak dibuat kembali) diperlukan clam shell yang berat dan tebal supaya energi prospektif jatuhnya bucket bisa masuk ke tanah yang lebih dalam.

Clam shell mengeruk lubang dengan jatuhkan bucket setinggi kemungkinan pada jalan melepaskan capitan kabel ambilnya. Jika bucket sudah jatuh dan masuk ke tanah, karena itu kabel penutup bucket serentak dengan kabel pengangkatnya diambil, selanjutnya tanah yang sudah isi bucket dipindah atau dimuatkan di dalam truck.

alat penggali tanah

Diatas adalah ulasan terkait alat penggali tanah yang banyak digunakan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.